KANTOR POS SURABAYA MAINKAN HARGA LAYANAN POS EKSPRESS

Sebagai salah satu pengguna layanan jasa pengiriman Pos Ekspress, saya merasa sangat kecewa atas pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Pos Besar Surabaya (Jl.Kebon Rojo 10) khususnya dalam jasa pelayanan Pos Ekspress.

Ceritanya begini, pada bulan Desember 2006 ini, saya bersama seorang teman, melakukan tiga kali pengiriman barang melalui layanan Pos Ekspress dari Surabaya ke Manado. Pertimbangan saya menggunakan jasa layanan ini karena sebelumnya saya juga menggunakan layanan serupa untuk pengiriman barang dari Manado – Jakarta, dengan biaya kirim per – Kg nya Rp.13.500,-. Ekonomisnya layanan ini membuat saya kemudian mencari informasi dengan bertanya pada petugas Pos Indonesia. Keterangan yang saya dapatkan bahwa tarif tersebut berlaku untuk layanan Pos Ekspress di seluruh Indonesia, bahkan biaya kirim per-Kg nya akan lebih murah bila pengirimannya melebihi dari beberapa kilogram ( 25 kg lebih).

Tertarik akan layanan ini, saya kemudian menggunakannya untuk mengirimkan beberapa barang dari Surabaya ke Manado. Namun anehnya, ketika saya melakukan pengiriman barang melalui Pos Ekspres (3 kali kirim, tanggal 2 Des 2006, 12 Desember 2006, dan 13 Desember 2006) melalui Kantor Pos Surabaya biaya kiriman bukan Rp 13.500,- namun Rp. 20.775. Saya sempat berdebat dengan petugas pos-nya, tapi katanya memang segitu harga per-Kg nya, akhirnya dengan berat hati (karena butuh cepat) saya kirim juga barang tersebut melalui Pos Ekspress.

Nah, saya menduga perbedaan harga tersebut jelas akal-akalan. Indikasinnya beberapa hal, yakni Pertama, jika memang tarif layanan Pos Ekspress tersebut berbeda, secara logis tentunya harus lebih murah dari pada pengiriman Manado – Jakarta (Rp.13.500) yang

jaraknya lebih jauh ketimbang Surabaya – Manado.

Kedua, yang mengejutkan, ketika barang tersebut diterima oleh istri saya di Manado dalam resi pengiriman tertulis ongkos kirim per kilogramnya Rp 13.500,- tapi didalam kuitansi yang saya pegang per-Kgnya tertulis Rp. 20.000 (kok jauh sekali perbedaannya, apa kuitansinya dobel? ).

Ketika ditanyakan kepada petugas Pos-nya (2 orang) tentang tarif Pos Ekspress, dia menjawab jika Rp. 13.500,- per Kg tersebut berlaku untuk seluruh Indonesia. Makanya petugas pos tersebut juga terkejut ketika mengetahui jika per-Kg nya saya harus mengeluarkan Rp.20.000 an di Surabaya.

Mendapat informasi dari istri, jujur saya dongkol dan sakit hati karena merasa ditipu oleh para petugas Pos Ekspress Surabaya, apalagi barang yang saya kirimkan untuk yang pertama saja ongkosnya Rp. 520.000 (27 Kg), jika dihitung maka Rp.20.000 – Rp. 13.500 = Rp.6.500 selisihnya, dikali 27 Kg sama dengan Rp. 175.000,-, bayangkan saja !

Dari itu, maka disini saya meminta dengan agar manajemen PT Pos Indonesia mengusut dan menindak tegas, ‘manipulasi/ permainan’ harga di Kantor Pos Besar Surabaya, bahkan kalo perlu di seluruh anak cabangnya agar tidak ada kejadian serupa. Apalagi sudah jelas hal ini sangat merugikan konsumen yang selama ini mulai menaruh kepercayaan atas layanan PT Pos Indonesia.

4 Tanggapan to “KANTOR POS SURABAYA MAINKAN HARGA LAYANAN POS EKSPRESS”

  1. Wah, Pak ternyata layanan Pos Ekspress ini memang sering melakukan kecurangan ya! Saya juga pernah mengirim barang yang terlihat di timbangan sekitar 1.8kg. Tetapi setelah ditimbang, saya malah ditanya berapa nilai barang yang akan saya kirim tersebut. Karena kebetulan saya mengirim pakaian keluarga saya yang bekerja di Jakarta, saya bilang, “Saya tidak tahu berapa jumlahnya karena ini bukan barang baru.Ini pakaian yang sudah dipakai oleh pemiliknya!”. Saya sempat kesal juga karena petugas mendesak pertanyaannya tadi. Lalu saya dikenai harga 30 ribu untuk pengiriman ke Jakarta dari Jogja.
    Benar-benar mengesalkan!

  2. saya juga merasa d curangi oleh pos expres, saya mengirim barang dari luar negeri ke indonesia ,pelayan pos d luar negeri bilang kiriman tercepat paling lama 1 minggu ,tapi sampai 1 minggu 3 hari kiriman saya belum nyampek, setelah itu keluarga saya pergi ke kantor pos untuk tanya knapa barang kirimanx belum datang…,ternyata pelayan kantor pos bilang ,.besok bu barangnya datang ,,besokx datang ke kantor pos lagi ,,pelayan kantor posnya bilang lagi ,,.besok bu datang lagi, udah dua kali dua hari pelayan kantor pos bilang seperti itu sampai 3 kali barang kiriman saya masih belum datang,,ada apa ……?????sedangkan harinya sudah seperti ngirim barang lewat pos ekonomi bukan pos expres…….,,pertanyaan saya apakah pos expres itu benar2 melalui proses sebenarnya ……???

  3. Post Indonesia akan rusak nama baiknya jika selalu terjadi hal-hal seperti itu,bagaimana caranya untuk mengadukan ke kantor pos pusat atau ke media publik atas hal-hal yang tidak pantas yang dilakukan karyawan-karyawan cabang?

  4. Riza fadila Berkata

    saya psn brng dr surabaya pake pengiriman pos,emangnya resinya gak lngsng kluar ya,saya minta nmr resinya ke tmpt sy beli brng ktnya resinya br keluar 2-3 hr apakah bnr?

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

