Dispen Marinir : Daftar Minuman Berbahaya

Umi Kalsum – detikcom

Jakarta – Surat edaran minuman berbahaya yang dikeluarkan Brigade 2 Marinir membuat resah masyarakat. Kadispen Marinir Letkol Novarin Gunawan tidak mengelak adanya daftar minuman berbahaya yang ditandatangani anggota Marinir.

Surat edaran bernomor SE/14/VIII/2007 yang dikeluarkan di Jakarta pada 10 Agustus 2007 itu, kata dia, sebetulnya hanya untuk kalangan internal saja.

“Sebetulnya iya dan tidak. Iya, memang ada surat edaran yang dikeluarkan saking proaktifnya. Tidak, karena minuman-minuman itu tidak diteliti RSAL Dr Ramelan, Surabaya,” tutur Novarin kepada detikcom, Jumat (31/8/2007).

Laboratorium di RSAL Dr Ramelan, kata dia, merupakan laboratorium medis yang tidak mengurusi soal makanan.

“RSAL nggak pernah mengeluarkan daftar itu. Ini karena Brigade 2 Marinir (Cilandak) saja yang proaktif mengantisipasi. Sebetulnya surat edaran itu hanya untuk kalangan internal saja, tujuannya sih baik,” kata Novarin.

Namun tidak urung hal itu membuatnya resah dan tidak tahu daftar makanan yang tercantum di surat edaran itu bersumber dari mana. “Tapi kita sudah tegur yang menandatangani surat itu. Kalau sanksi nggak, karena itu untuk internal dan tujuannya baik,” tegas dia lagi.

Soal surat yang beredar di luar kompleks Brigade 2 Marinir, Novarin mengaku tidak tahu. Tapi dia menduga dari tangan ke tangan.

“Karenanya, kalau ada pihak-pihak yang merasa dirugikan, saya selaku Kadispen minta maaf,” tandasnya.

Daftar 42 minuman berbahaya yang ada di surat edaran yang ditandatangani Lettu Samsoeddin Cikoa SH adalah, Fres Mix, Pop Ice, Argazone, Mizone, Zhuka Sweet, Arinda, Copy Pop, Jelly Cool Drink, Mogu-Mogu, Okky Bolo Drink, Inaco Jelly, Happydent White, Alloy Jelly, Donna Jelly, Lotte Juice Fress, Hore, Jasjus, Disney Segar, Segar Dingin, Aqua Rasa Buah, Calete Zone, Amico Sweet, Okky Jelly Drink, Niddin Orange Drink, Jelly Juice, Zeger Isotek, Boy Zone, Zporto, Junggle Juice, Zes TBA, Frutilo Magig, Forty Plus, Vidorant Fres Drink, Hamaviton Jreng, Ice Milk Juice, Naturde Bolo, Marimas, Finto, Buah Sari, Mariteh Instant, dan Extra Joss.

Disebutkan, minuman tersebut mengandung “siklomat penyakit lupus yang merusak anti body dan belum ada obatnya”.
(umi/nrl)

2 Tanggapan to “Dispen Marinir : Daftar Minuman Berbahaya”

  1. Menurut saya mestinya Brigadir 2 Marinir (Cilandak) mengeluarkan pernyataan produk2 yang berbahaya mestinya harus dengan latar belakang medis. Ini udah jelas bahwa sumber medis gak bisa dipercaya masih juga mengeluarkan pernyataan. Jadinya menimbulkan kesan bahwa pengeluaran pernyataan oleh Marinir perlu ditinjau ulang.

  2. Dear all, sedikit masukan aja nih… untuk bahan2 tersebut kalau memang sudah di approve BPOM tentunya juga sudah di approve oleh U.S. Food and Drug Administration (FDA) karena BPOM mengacu pada FDA.

    Sedangkan untuk mendapatkan approval dari FDA tidaklah mudah.. diperlukan waktu paling sedikit 10-15thn-an untuk membuktikan efek jangka panjang dari suatu obat atau supplement tertentu.. jadi memang kontrol yang diterapkan oleh US FDA memang amat sangat ketat dalam hal obat-obatan apalagi supplement.. mereka tidak begitu saja percaya claim dari produsen atau atas hasil riset jangka pendek yang biasanya dilakukan pada hewan atau sekelompok relawan (kontrol group) tetapi beberapa natural herbs / supplement yang berasal dari tumbuh2an alami boleh diedarkan tetapi harus ditempelkan label bhw supplement / obat tersebut belum mendapatkan approval dari FDA dan bukan ditujukan untuk menyembuhkan atau menangkal penyakit tertentu..dst..dst..

    Oh iya beberapa waktu lalu kita sering menemui isu2 negatif baik dalam selebaran ataupun media cetak dan elektronik.

    Ini merupakan link bantahan dari BPOM maupun dari Rumah sakit yang di klaim mengeluarkan statement tentang bahan minuman berbahaya.



    Semoga bermanfaat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: